Oleh: Ahmad Soim | 27 Juli 2010

Konsumsi Minyak Makan Naik Pesat

Peningkatan konsumsi minyak makan di dunia pada 2020 diperkirakan mencapai 232,4 juta ton. Jumlah tersebut meningkat cukup pesat dibandingkan tahun 2006 sebesar 166,5 juta ton. Artinya dalam 14 tahun akan terjadi peningkatan konsumsi sebanyak 40%.

“Dari konsumsi minyak makan dunia itu, kontribusi minyak sawit (palm oil) cukup besar mencapai 27,5% untuk makanan, farmasi dan oleo chemical,” kata Menteri Pertanian, Suswono pada acara International on Palm Oil and Envirobment (ICOPE) di Bali.

Konsumsi minyak makan di negara AS dan Eropa sekitar 55 kg/kapita, sedangkan di China, India dan Indonesia baru sebanyak 20 kg/kapita/tahun. Diprediksi pada masa mendatang konsumsi minyak sawit di negara-negara dunia akan meningkatan pesat, termasuk untuk bahan baku industri biofuel.

Dibandingkan dengan jenis minyak makan lainnya yakni minyak kedelai dan rapseed, Suswono mengakui, minyak sawit termasuk bahan baku minyak makan dan energi yang paling efisien. Baik dari sisi lamanya umur tanaman hingga produktivitas tanaman per hektar.

Di Indonesia produktivitas tanaman rata-rata 3,5 ton/ha. Bahkan untuk perkebunan besar mencapai 8 ton/ha, sedangkan perkebunan rakyat sekitar 2 ton/ha. Pada tahun 2009, luas lahan perkebunan sawit sebagian besar dikuasai perkebunan rakyat, sekitar 40% atau 7,5 juta ha.

Presiden Direktur PT SMART Tbk, Daud Dharsono juga mengakui, kebutuhan dunia terhadap minyak sawit serta produk turunannya terus meningkat. Apalagi kini minyak sawit menjadi bahan utama produksi minyak makan dan lemak nabati.

Peningkatan kebutuhan tersebut, karena negara-negara produsen seperti Indonesia menjadi industri sawit sebagai salah satu kontributor pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan sosial. Sementara bagi dunia, komoditas ini menjadi salah satu sumber utama produksi pangan dan energi terbarukan yang setiap saat terus meningkat kebutuhannya. ***


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: