Oleh: Ahmad Soim | 19 Oktober 2010

Lowongan Magang dan Kerja di Kebun Sawit

Kementerian Pertanian (Kementan) buka kesempatan kepada para lulusan S1/D4 untuk mengikuti pendidikan dan permagangan (retooling) untuk mendukung pengembangan agribisnis perkebunan berbasis kelapa sawit untuk gelombang dua (26 Oktober – 25 November 2010).

 Menteri Pertanian Suswono mengatakan kegiatan retooling ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Menteri Pertanian dan pengurus Gabungan Perusahaan Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) dengan Wakil Presiden tahun 2007 agar Indonesia menjadi produsen kelapa sawit terbesar di dunia. “Tindak lanjutnya kita sepakati untuk menyusun program retooling dalam rangka menyiapkan tenaga kerja siap pakai,” tambah Suswono saat membuka program pelatihan dan permagangan (retooling) bagi lulusan S1/D4 di Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Yogyakarta.

Kepala Badan Pengembangan SDM Pertanian (BPSDMP) Kementan Ato Suprapto menambahkan pada tahun 2010 Badan  PSDMP melakukan retooling untuk 597 lulusan S1/D4 yang dilaksanakan di LPP Kampus Yogya dan Medan. Program ini adalah kelanjutan dari program sejenis tahun 2008 dan 2009 yang alumninya terserap oleh perusahaan perkebunan kelapa sawit. Pada tahun 2009, Badan PPSDMP melakukan retooling bagi 90 orang dan pada tahun 2008 untuk 60 orang.

Koordinator Pelatihan Retooling dari LPP Yogyakarta Esmet Untung Mardiyanto menjelaskan pada tahun ini diselenggarakan 19 kelas program retooling di bidang perkebunan kelapa sawit bagi lulusan perguruan tinggi negeri dan swasra yang sudah terakreditasi program D4 dan S1 bidang pertanian, ekonomi dan teknik.

“Sembilan kelas retooling untuk 297 peserta akan diselenggarakan di LPP Yogya dan sepuluh kelas retooling untuk 300 peserta akan dilaksanakan di LPP Medan,” tambah Esmet. Peserta pelatihan lanjutnya diseleksi dari berbagai perguruan tinggi seluruh Indonesia. Selain persayaratan Indek Prestasi Komulatif (IPK) yang cukup tinggi (2,5) peserta harus berusia maksimal 35 tahun, sehat jasmani dan rohani yang dinyatakan dalam surat keterangan dokter, serta memiliki motivasi kerja tinggi dan bersedia bekerja di perusahaan perkebunan kelapa sawit di seluruh Indonesia.

Program pelatihan di LPP Yogya tambah Esmet dibagi menjadi dua tahap (gelombang). Gelombang pertama enam kelas terdiri dari tiga kelas asisten tanaman, dua kelas asisten akuntasi keuangan dan umum serta satu kelas asisten pabrik. Tiap kelas terdiri dari 33 peserta. Pelatihan berlangsung satu bulan, untuk gelombang satu pelatihan dilakukan 21 September – 21 Oktober. Selama setengah bulan peserta magang di berbagai tempat/kebun milik perusahaan kelapa sawit milik PTPN VIII (Persero).

“Agar lulusan retooling ini langsung diserap pasar kerja, LPP memfasilitasi penyerapan peserta dengan mengundang perusahaan perkebunan untuk melakukan rekrut dan seleksi terhadap perserta pelatihan,” tutur Esmet. Beberapa perusahaan sudah mengkonfirmasi untuk melakukan rekrut dan seleksi, di antaranya PT Perkebunan Nusantara VII (Persero), PT Rajawali Nusantara Indonesia, PT Astra Agro Lestari, PT Andalas Agro Industri, PT Swakarsa, PT Mussimas, PT Wilmar Internasional, PT Bakrie Sumatra Plantation dan PT Sawindo Kencana.

Panitia retooling LPP Yogya lanjut Esmet masih menerima pendaftaran bagi pelatihan gelombang dua yang rencananya akan berlangsung dari tanggal 26 Oktober sampai 25 November 2010. Pada gelombang II itu LPP Yogya akan menyelenggarakan 3 kelas calon asisten tanaman dengan jumlah peserta 99 orang. Persertanya adalah lulusan S1/D4 perguran tinggi negeri/swasta jurusan ilmu tanah, hama penyakit, agronomi, agribisnis, teknologi pertanian dan penyuluhan pertanian. Bagi yang berminat bisa menghubungi LPP Yogya Jl Urip Sumoharjo 100, Yogyakarta 55222. Telpon (0274) 586201, faks (0274) 513849. Som


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: